Kenali Ciri-Ciri Bayi yang Sedang Tumbuh Gigi, Ibu Harus Tahu

Bayi akan terus tumbuh seiring usianya yang bertambah. Mulai dari rambutnya yang memanjang, mata yang semakin bulat, hingga gigi yang akhirnya pelan tapi pasti tumbuh sedikit demi sedikit. Tumbuhnya gigi pada bayi tentu membuat orang tua merasa gembira karena menandakan sang buah hati mengalami perkembangan yang baik dan sehat. Akan tetapi, bayi tumbuh gigi ini biasanya mengalami banyak masalah, terutama pada tingkat kerewelan hingga terjadinya demam tanpa diduga. Oleh sebab itu, orang tua sebaiknya tahu seperti apa ciri-ciri bayi yang akan tumbuh gigi.

Ciri-Ciri Bayi yang Sedang Tumbuh Gigi

Inilah Ciri Bayi yang Mengalami Tumbuh Gigi

1. Bayi jadi suka menggigit
Ketika bayi akan tumbuh gigi, rasa gatal yang tidak nyaman akan menyerang gusi bayi. Hal ini karena ada tekanan pada gusi, sehingga menimbulkan sensasi yang aneh. Untuk mengatasi hal tersebut, bayi secara alami jadi suka menggigit apa saja yang ada di jangkauannya, mulai dari benda yang empuk sampai keras.

Apabila ada tanda-tanda tersebut, segera cek kondisi gusi bayi kamu. Dengan begitu kamu bisa mencoba untuk mengatasi lebih awal dan tidak membiarkan si kecil merasa tidak nyaman. Perhatikan juga barang-barang di sekitarnya supaya tidak digigit sembarangan. Akan sangat berbahaya jika bayi menggigit benda yang kotor, karena dikhawatirkan infeksi.

2. Air liur terus menetes
Akibat proses gigi yang mulai tumbuh, produksi air liur bayi akan bertambah, lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Hal itu membuat bayi ngeceh atau ngiler secara terus-menerus. Jika dibandingkan kondisi awal, tentu hal ini cukup berbeda. Oleh sebab itu, kamu harus mulai mengecek kondisi bayi ketika sudah ngeces berlebihan. Cek sekitar mulutnya, apakah ada ruam atau tidak.

Supaya bayi selalu bersih, jangan lupa untuk mengelap air liurnya menggunakan kain bersih atau tisu. Upayakan kain tersebut bersih, steril, dan halus.

3. Gusi terlihat membengkak
Ada baiknya kamu selalu mengecek kondisi tubuh bayi secara berkala, termasuk mengecek kesehatan mulutnya. Apabila kamu melihat bahwa gusi bayimu berwarna lebih merah dan membengkak, kemungkinan ia akan tumbuh gigi. Apabila bagian yang akan tumbuh gigi tersebut masih dapat kamu jangkau, coba untuk pijat-pijat ringan gusi bayi. Pemijatan akan mengurangi efek gatal yang sering membuat bayi menangis.

4. Demam
Ada banyak faktor yang menyebabkan seorang bayi terserang demam, salah satunya adalah karena peradangan pada gusinya. Jika bayi yang tumbuh gigi mengalami hal ini, kamu harus segera membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang benar. Apalagi jika panas bayi sudah mencapai 38 derajat, harus segera ditangani medis karena bisa saja bukan karena giginya yang mau tumbuh, melainkan karena hal lain.

Ada banyak sebab mengapa bayi biasanya menjadi rewel, sulit makan, hingga mengalami demam, salah satunya karena proses bayi tumbuh gigi. Namun, jika masalah tersebut sangat mengkhawatirkan, tidak ada salahnya pergi ke dokter untuk mengecekkan kondisi si kecil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel