Variasi Makanan yang Baik Buat Penderita Plantar Fasciitis

Sebagian orang terkadang mengalami nyeri pada kakinya, khususnya di bagian tumit. Kondisi nyeri pada tumit dikenal sebagai plantar fasciitis. Penyebabnya karena memang ada peradangan pada fibrosa yang di mana jaringan itu melintang mulai dari tumit sampai dengan jari-jari kaki. Kalau jaringannya terlalu aktif, akan mengakibatkan peregangan dan akhirnya merobek sampai menimbulkan nyeri dan peradangan.

Rasa sakitnya tentu harus kamu segera atasi agar tidak mengganggu aktivitasmu. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan buat menyembuhkannya, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk mengurangi nyerinya. Beberapa makanan itu yaitu:

Sayur Bayam

Sayur Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang selalu direkomendasikan oleh para dokter untuk mengatasi masalah tulang, termasuk plantar fasciitis. Bayam memang kaya antioksidan yang fungsinya bisa mengurangi rasa nyeri serta peradangan pada kaki. Tidak hanya itu saja, ada juga kandungan tertentu lainnya yang mampu memperlambat berbagai proses terjadinya osteoarthristis.

Kamu bisa memasaknya menjadi sayur bening bayam. Tapi kalau sudah mulai bosan, bisa juga kamu jadikan salad, tumisan, atau pun smoothie.

Berbagai Ikan Ber-Omega 3

Selain sayuran bayam, makanan lain yang baik buat mengurangi nyeri pada tumit yaitu ikan-ikanan yang memiliki kandungan Omega 3. Mulai dari tuna, salmon, sampai minyak ikan yang kaya akan asam lemak dengan kandungan Omega 3. Kandungan satu itu sudah teruji bisa mengurangi rasa nyeri tumit dengan sangat cepat, bahkan sampai melawan peradangannya.

Selain dari Omega 3, ada juga kandungan vitamin yang menjadi pendukung penyembuhannya, yaitu vitamin D. Vitamin itu perlu kamu konsumsi agar bisa mengurangi berbagai macam gejala-gejala plantar fasciitis serta penyakit sejenisnya.

Kacang-kacangan

Tidak jarang orang-orang mengkonsumsi kacang-kacangan agar memiliki tulang yang sehat. Karena itu, coba kamu konsumsi juga berbagai jenis kacang-kacangan, apalagi kamu yang sedang sakit nyeri pada tumit. Meski berbagai kacangnya baik dikonsumsi, ada beberapa kacang tertentu yang punya lebih banyak kandungan nutrisinya, seperti walnut, almond, serta pistachio.

Ketiga kacang itu punya nutrisi yang dibutuhkan buat penyembuhan plantar fasciitis, mulai dari magnesium, kalsium, protein, alfa linolenat, sampai vitamin E. Nutrisi-nutrisi itu akan bertugas mengurangi rasa nyeri, mencegah peradangan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Gandum Utuh

Buat yang belum tahu, gandum punya beberapa jenis, seperti gandum putih, gandum utuh, dan sebagainya. Tapi, yang paling baik buat penderita plantar fasciitis yaitu hanya gandum utuh. Kamu yang sering mengalami peradangan atau nyeri pada kaki, lebih baik hindari gandum putih karena memang bisa memicu nyeri sendi-sendi yang lebih parah.

Untuk gandum utuh, kamu gampang menemukannya karena makanan yang kaya gandum utuh yaitu pasta, oatmeal, sereal, mau pun brown rice. Beberapa makanan itu punya kandungan yang bisa mengurangi kadar dalam protein C yang reaktif yang ada di darah. Kalau protein itu terlalu banyak kadarnya, maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit persendian yang tentunya tidak ingin dialami.

Plantar fasciitis sebenarnya penyakit nyeri pada tumit yang tidak berbahaya, tapi, kalau dibiarkan begitu saja, apa pun kegiatan kamu tentu tidak akan nyaman dilakukan. Jadi, coba konsumsi variasi-variasi makanan di atas agar kamu yang sedang mengalaminya bisa cepat sembuh, bahkan yang belum mengalaminya bisa tercegahnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel